Friday, November 11, 2011

MEMBUKA RAHASIA ALAM MALAIKAT BHG. 5


MALAIKAT MUNKAR DAN NAKIR.

Malaikat Munkar dan Nakir adalah termasuk dua diantara sepuluh malaikat yang wajib diketahui dan di imani. Kedua malaikat ini bertugas mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada para mayit yang baru saja dikuburkan.

SIFAT-SIFAT MEREKA.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis, tatkala mayit dimasukkan ke dalam kubur, maka datanglah dua malaikat yang hitam-hitam, kedua matanya melorok, pandangannya menakutkan, suaranya seperti guntur yang menyambar, kedua taringnya boleh menggali bumi. Lalu keduanya datang kepada mayit sekitar kepalanya...sampai akhir hadis tersebut...

PERTANYAAN KUBUR.

Diantara hadis yang menyebutkan adanya pertanyaan kubur adalah terjemahannya seperti berikut : Dan sesungguhnya mayit itu akan mendengar bunyi kasut orang yang bertakziah, ketika mereka kembali dari menghadiri pemakaman. Lalu ia ditanya oleh malaikat :


Ertinya : Siapa Tuhan kamu? Apa agama kamu? dan siapa Nabi kamu.?

Jika mayat itu termasuk orang Islam maka ia akan menjawab :

Ertinya: Tuhanku Allah, agamaku Islam dan Nabiku Muhammad s.a.w.


MALAIKAT YANG MENDATANGI MAYAT
SEBELUM MUNKAR DAN NAKIR DATANG.

Sebelum malaikat Munkar dan Nakir datang kedalam kubur orang yang baru dikebumikan, terlebih dahulu mayat itu di datangi oleh malaikat bernama "Ruman". Wajahnya bercahaya bagaikan matahari lalu ia duduk dan berkata kepada si mayit: "Tulislah semua yang pernah engkau lakukan, baik berupa kebajikan mahupun yang berupa kejahatan."

Lalu simayit berkata: "Dengan apa aku menulis, mana qalamku?, apa dakwat/tintaku?"

Maka malaikat itu berkata: "Hendaklah engkau jadikan air liur engkau sebagai tinta dan jari engkau sebagai qalam."

Lalu mayat itu berkata: "Apa yang akan aku tuliskan sedang aku tidak punya buku?"

Lalu malaikat itu memotong sebahagian dari kain kafan mayit itu kemudian memberikannya kepada si mayit. Malikat itu kemudian berkata: "Inilah buku engkau, maka sekarang tulislah!"

Kemudian si mayit pun menulis segala perbuatannya yang berbentuk kebaikan dengan lancar dan senang hati. Namun ketika sampai pada penulisan tentang perbuatan jahatnya, ia merasa enggan dan malu lalu berhenti menulisnya.

Maka malaikat yang ditugaskan itu berkata: "Hai orang yang bersalah! mengapa engkau tidak malu kepada Tuhan yang menciptakan kamu sewaktu kamu mengerjakan kejahatan didunia? padahal hari ini engkau malu kepadaku?" Lalu malaikat itu mengambil besi dan dipukulkan kepada si mayit.

Maka si mayit itu berkata: "Bebaskan aku sehingga aku menulisnya." Lalu si Mayit menulis segala perbuatan jahatnya semasa didunia. Kemudian si mayit diperintahkan menggulung dan menyetempel. Setelah digulung, si mayat berkata: "Dengan apa aku mengecopnya padahal padaku tidak ada setempel,"

Maka malaikat berkata: "Setempellah dengan kuku engkau." Sesudah selesai lalu dikalungkangkan semua catatan itu pada si mayit sampai hari kiamat. Sesudah itu masuklah malaikat Munkar dan Nakir ke dalam kubur si mayit untuk pertanyaan seterusnya.

No comments:

Post a Comment