Saturday, November 5, 2011

TELADAN YANG MULIA...

Pada suatu hari Rasulullah s.a.w. pergi dalam satu perjalanan jauh bersama para sahabatnya. Di tengah perjalanan, mereka beristirehat dulu dan mendirikan khemah di padang pasir. Kebetulan mereka membawa seekor kambing. Maka salah seorang sahabat berkata, "Aku akan sembelih kambing ini." Sedang yang lain berkata pula, "Aku akan mengulitinya," dan sahabat yang lain berkata, "Aku yang akan memasaknya nanti" Lalu Rasulullah berkata, "Dan aku yang akan mencari kayu bakarnya.

Para sahabat terperanjat dengan ucapan baginda. Mereka segera berkata, "Tidak usah ya Rasulullah, biar kami saja yang melakukan semuanya. Baginda beristirehat saja sampai masakan ini selesai.

Rasulullah s.a.w. kemudian bersabda kepada mereka semua, "Demi Allah, aku tidak akan tinggal diam sementara kamu semua bekerja. Allah membenci hamba-Nya yang mengistimewakan dirinya dari saudara-saudaranya ."

Setelah mengucapkannya, baginda pergi mencari dan memikul sendiri kayu bakar yang di carinya.

No comments:

Post a Comment